Tuesday, January 11, 2011

university of life

Semester lalu, salah satu dosen favorit saya berkata, "jangan percaya sama nilai ujian, karena anda tidak akan hidup hanya dengan menjawab nilai-nilai ujian..."

membuat saya, yang tadinya mengantuk ngantuk, jadi tergugah dengan kata-katanya.

"saya juga bukan dosen yang akan menguji kalian dengan soal-soal ujian.", lanjutnya, dan bersamaan dengan kata-katanya itu hati saja berlonjak kegirangan, jadi nggak akan ada ujian untuk mata kuliah ini. begitu pikir saya.

Namun, kata-kata beliau berikutnya malah menyurutkan rasa kegirangan saya dan memacu adrenalin saya untuk bertindak sesuai dengan maksud dari perkataannya. beliau berkata, "karena diluar sana, anda akan dihadapkan dengan kenyataan yang lebih kompleks dari sekedar soal-soal ujian. anda akan memasuki universitas yang lebih besar dari sekedar Universitas Indonesia...anda akan memasuki University of Life."

Begitulah beliau menginspirasi saya untuk dapat membaur dengan masyarakat luas, untuk berani mengambil resiko, untuk selalu mempersiapkan diri dengan segala kemungkinan yang terjadi...untuk siap berkompetisi di dunia luar...

dosen saya itu, mengingatkan saya pada salah satu guru matematika di SMA dan di SMP yang punya talenta yang sama, yakni MENGINSPIRASI MURID-MURIDNYA.

Dan memang benar apa yang dikatakan dosen saya, bahwa nilai ujian tidak membuktikan kemampuan kita. bahwa kita akan dihadapkan oleh kenyataan hidup yang lebih kompleks dari sekedar menjawab pertanyaan pertanyaan ujian. karena setelah lulus kuliah nanti, kita akan dihadapkan dengan UNIVERSITY OF LIFE.

 

No comments: